Tugas Dan Tanggung Jawab
· Tugas pokok seorang Petugas Pemesanan (Reservationist), yaitu :
Melakukan penerimaan pemesanan kamar ( room reservation) sehari-hari secara akurat dan efisien berdasarkan pada standard serta prosedur yang berlaku.
· Rincian tugas dan tanggung jawab seorang petugas pemesanan (Reservationist),yaitu:
· Menjawab Telephone yang masuk yang berhubungan dengan pemesana kamar sesuai dengan standard telephone manner yang berlaku
· Menindak Lanjuti dan menyelesaikan pemesanan kamar yang masuk, baik yang melalui telephone, telex, facsimile, surat, telegram dan secara langsung dating ke hotel untk pemesanan.
· Memproses pemesanan kamar secara langsung, tanpa di tunda-tunda
· Melakukan persetujuan terhadap pemesanan kamar ataupun, melakukan penolakan di karenakan sudah fully booked ( sudah penuh di pesan)
· Memproses dan menyelesaikan masalah pembatalan pemesanan maupun no-show ( tamu tidak jadi check-in tanpa pemberitahuan apa-apa sebelumnya).
· Melakukan penawaran terhadap kamar yang harganya lebih tinggi pada saat menerima pemesanan kamar melalui telepon.
· Menjelaskan kepada si pemesan tentang fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh hotel.
· Melakukan tindakan antisipasi yang baik pada saat situasi hotel sedang over booked.
· Mengarsip dengan baik serta menyimpan semua berkas pemesanan kamar.
· Selalu waspada dan memperhatikan perkiraan kemampuan kamar yang ada.
· Mengirim surat persetujuan pemesanan kamar.
Seorangpetugaspemesanankamar(Reservationist) melaporkan rincian tugas dan tangung jawabnya kepada Reservation Supervisor atau Reservation Manager.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar