Senin, 24 Oktober 2011

Tugas & Tanggung Jawab Petugas Reservasi

 Tugas Dan Tanggung Jawab


·        Tugas  pokok seorang Petugas Pemesanan (Reservationist), yaitu :

Melakukan penerimaan pemesanan kamar ( room reservation) sehari-hari secara akurat dan efisien berdasarkan pada standard serta prosedur yang berlaku.




·        Rincian tugas dan tanggung jawab seorang petugas pemesanan (Reservationist),yaitu:


·        Menjawab Telephone yang masuk yang berhubungan dengan pemesana kamar sesuai dengan standard telephone manner yang berlaku
·        Menindak Lanjuti dan menyelesaikan pemesanan kamar yang masuk, baik yang melalui telephone, telex, facsimile, surat, telegram dan secara langsung dating ke hotel untk pemesanan.
·        Memproses pemesanan kamar secara langsung, tanpa di tunda-tunda
·        Melakukan persetujuan terhadap pemesanan kamar ataupun, melakukan penolakan di karenakan sudah fully booked ( sudah penuh di pesan)
·        Memproses dan menyelesaikan masalah pembatalan pemesanan maupun no-show ( tamu tidak jadi check-in tanpa pemberitahuan apa-apa sebelumnya).
·        Melakukan penawaran terhadap kamar yang harganya lebih tinggi pada saat menerima pemesanan kamar melalui telepon.
·        Menjelaskan kepada si pemesan tentang fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh hotel.
·        Melakukan tindakan antisipasi yang baik pada saat situasi hotel sedang over booked.
·        Mengarsip dengan baik serta menyimpan semua berkas pemesanan kamar.
·        Selalu waspada dan memperhatikan perkiraan kemampuan kamar yang ada.
·        Mengirim surat persetujuan pemesanan kamar.




Seorangpetugaspemesanankamar(Reservationist) melaporkan rincian tugas dan tangung jawabnya kepada Reservation Supervisor  atau Reservation Manager.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar